9 C
New York
Thursday, December 8, 2022

Buy now

4 Tempat Wisata Ngawi Terbaru & Terpopuler Dikunjungi

Berjalan kaki ke Jawa Timur akan membuat Anda menemukan Ngawi, sebuah kabupaten yang pernah mengunjungi Jawa Tengah secara langsung. Ngawi juga dikenal dekat dengan Kabupaten Pacitan yang memiliki banyak julukan. Salah satu julukan yang dimiliki Ngawi adalah Kota Bambu. Bahkan diyakini sebagai asal muasal nama Kabupaten tersebut. Awi berarti bambu dan fonem Ng ditambahkan. Tempat ini menawarkan banyak atraksi yang indah.

Tidak hanya julukan Kota Bambu, ada juga julukan yang disebut Kota Keripik Tempe karena jarang ditemukan di kota lain. beberapa warga juga mendengar sebutan sebagai Kota Rama. Tak heran jika julukan tersebut juga menjadi semboyan Ngawi. Ingin liburan di Ngawi? Jelajahi setiap sudut tempat wisata yang ditawarkannya.

1. Taman Wisata Tawun

Untuk menuju kawasan wisata ini Anda perlu menempuh jarak sekitar 6 km dari pusat kota. Lewati jalur Solo-Ngawi lalu masuk kawasan Basuki Rahmat, berkendara sampai ketemu Angkringan Dn Dm lalu belok kiri. Setelah melewati perempatan, masuk ke Jalan Sunan Lawu, tinggal cari petunjuk arah Taman Wisata Tawun dan sampai di lokasi.

Taman ini sering digunakan untuk mengadakan upacara adat Keduk Beji yang merupakan tradisi lokal. Upacara dilaksanakan setiap hari Selasa Kliwon menurut perhitungan penanggalan Islam Jawa. Warga yang berjenis kelamin laki-laki akan membersihkan mata air di sekitarnya, dan mengganti air di beji.

2. Air Terjun Pengantin

Jika Anda pernah mendengar nama air terjun ini, Anda mungkin juga tidak asing dengan film horor. Ya, air terjun ini pernah menjadi lokasi utama film tersebut. Tapi Anda tidak perlu takut, karena tidak seperti yang diceritakan di film. Air terjun tidak memiliki suasana tegang atau menakutkan.

Dari nama unik ini, air terjun pengantin diambil karena terdapat sepasang air terjun dengan ketinggian yang sama, yaitu 12 meter dari bawah. Bagi Anda yang tidak suka keramaian, tempat ini sangat direkomendasikan. Lokasinya berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe.

3. Monumen Soerjo

Gedung ini dibangun untuk mengenang jasa Gubernur Suryo saat memerangi pemberontakan PKI saat itu. Di kanan dan kiri patung gubernur terdapat dua patung polisi yang tewas dalam waktu bersamaan. Biasanya area taman di sekitar monumen juga digunakan untuk penggunaan Hari Pahlawan.

Salah satu keunikan dari monumen ini adalah area taman yang digunakan oleh 23 jenis tanaman langka. Diantaranya adalah cendana, rosewood, citradora, sawo kecik, dan lain-lain. Anda akan menemukan beberapa hewan rusa di penangkaran. Selain Tugu Suryo, ada juga pasar burung dengan berbagai https://www.msaedu.org/ koleksi burung.

4. Air Terjun Srambang Ngawi

Masih dengan destinasi wisata air terjun. Kali ini Anda bisa menemukan Air Terjun Srambang. Lokasi air terjun ini tersembunyi. Berada di tengah hutan pinus yang membuat suasana sejuk dan tenang. Tempat wisata ini juga recommended buat kamu yang suka traveling.

Lokasinya berada di Desa Grimulyo, Kecamatan Jogorogo Ngawi. Untuk mencapai lokasi, dibutuhkan perjalanan yang cukup berliku untuk mencapai air terjun Srambang. Jaraknya 25 km dari pusat kota.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,604FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles